Menengok Perpustakaan Pesantren Tebuireng Jombang

Pesantren

Kamis, 05/12/2013 01:00

Jombang, NU Online

Kumpulan kitab, buku, majalah, dan koran tertata rapi di rak yang berjajar di ruangan ini. Ada NU Corner yang menyediakan sejumlah buku tentang Nahdlatul Ulama. Juga Sudut Tebuireng, beberapa buku dan majalah yang membahas Tebuireng dari berbagai sudut pandang.

“Bisa dikatakan bahwa koleksi buku dan literatur di perpustakaan ini sudah memadai,” kata Lelie Lediana, kepala Perpustakaan A Wajid Hasyim Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur kepada NU Online (2/12).

Di perpustakaan ini juga tersedia bundel majalah dari tahun 1937 seperti “Soeara Nahdlatoel Oelama” dan media lain yang membahas tentang NU. Majalah umum dan surat kabar lain juga tertata dengan baik di sini.

Para pengunjung juga dapat memperoleh informasi terbaru dari sejumlah media harian, majalah minguan dan bulanan yang tersedia. “Untuk koran, setiap hari kami berlanganan Jawa Pos, Surya, Republika, Kompas, dan Bangsa,” kata alumunus Sarjana Ilmu Perpustakaan ini.

Ibu Ana, sapaan akrabnya juga menandaskan bahwa di perpustakaan ini tersedia Majalah Tempo, Gatra, Aula, Trubus, Agrobisnis, Sabili, Horison, Forum Keadilan, PC Media, hinga Suara Muhammadiyah. “Rasanya, untuk koleksi di perpustakaan pesantren, apa yang kami miliki bisa membuka cakrawala baru bagi para santri dan pengunjung,” tandasnya.

Perpustakaan yang buka sejak jam 08.00 hingga 17.00 ini tidak semata memberikan informasi berupa buku dan majalah. “Khusus hari Jumat, kami mengadakan acara nonton bareng film keislaman,” kata perempuan kelahiran Jakarta, 12 Juni 1979 ini.

Pada kesempatan berbeda, di tempat ini juga sesekali mengadakan pertemuan dengan sejumlah penulis muda, diskusi buku, sastra dan sejenisnya. Apalagi di Pesantren Tebuireng ada sejumlah penulis produktif yang sesekali membimbing para santri dalam mengasah keterampilan menulis.

“Target kami, dengan koleksi yang dimiliki, minat membaca para santri bisa terus tumbuh,” tandas istri dari Maskut Candranegara ini. Karenanya, sejumlah fasilitas penunjang terus diberikan kepada para pengunjung baik dari kalangan santri Pesantren Tebuireng, komunitas sekitar maupun masyarakat umum.

“Sementara, ruangan hanya dibantu dengan dua unit kipas angin,” kata mantan karyawan sebuah bank swasta di Palembang ini. Idelanya memang ruangan diberikan pendingin udara berupa AC. “Ini untuk menjaga koleksi buku dan arsip yang ada,” tandasnya.

Namun demikian, dengan sejumlah koleksi dan kemudahan yang dimiliki, Perpustakaan A Wahid Hasyim Pesantren Tebuireng akan terus memperaiki fasilitas dan layanan. Termasuk koleksi buku dan kitab khususnya karangan para kiai dan ustadz Pesantren Tebuireng yang selama ini masih tersebar di banyak lokasi. 

Tidak ada persyaratan khusus kepada para pengunjung untuk menikmati sejumlah koleksi yang ada. “Cukup isi buku tamu dan silahkan menikmati koleksi yang kami miliki,” kata Ibu Ana. Namun untuk sermentara, perpustakaan tidak meminjamkan koleksi yang ada. “Silahkan dibaca di tempat,” katanya. “Dan bila membutuhkan foto copy, maka petugas kami yang akan melayani,” pungkasnya. (Syaifullah/Abdullah Alawi)
Previous article
Next article

Belum ada Komentar

Posting Komentar

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel