Nomor Polisi Unik, Pelat Nomor KIAIKU Milik Gus Mus dan Kisah Dibaliknya

   KIAIKU - Plat mobil Gus Mus

Rembang - Pelat nomor cantik atau tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) kerap dimiliki tokoh-tokoh untuk dipasang di mobil pribadinya. Tak luput tokoh agama kenamaan dari Kabupaten Rembang yakni KH Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus juga memiliki pelat nomor cantik yakni K 141 KU jika dieja bisa terbaca KIAIKU.

Pelat nomor tersebut telah dimiliki Gus Mus sejak lama. Saat ini, pelat nomor K 141 KU terpasang di mobil jenis Vellfire hitam pabrikan Toyota. Mobil tersebut yang kerap kali mengantarkan Gus Mus bepergian terutama keluar kota.

"Saya mulai menjadi sopir pribadi Abah (Gus Mus) dari tahun 2012. Dari sebelum menjadi sopir pribadi pelat tersebut sudah ada tertempel di mobil abah," kata Khoirul Umam sopir pribadi Gus Mus saat ditemui detikJateng, Jumat (25/2/2022).

Irul menjelaskan awalnya pelat nomor tersebut dimiliki oleh KH Muadz Thoir dari Kajen, Kabupaten Pati, sebelum berpindah tangan ke Gus Mus.

"Kalau tidak salah, pelat tersebut dulu milik KH Muadz Thoir dan mobil beliau dibeli oleh Gus Mus," kata Irul.

Meski kerap berganti jenis mobil, Gus Mus tetap memakai plat K 141 KU. Irul juga bercerita memiliki pelat nomor cantik, Gus Mus tidak otomatis mendapatkan perlakuan istimewa saat di jalan.

"Dikawal patwal seperti itu maksudnya? Abah nggak mau jika dikawal-kawal saat di jalan. Ya normal seperti orang-orang pada umumnya," jelasnya.

Meski mengendarai pelat nomor cantik, sopir Gus Mus nyatanya juga pernah beberapa kali ditilang.

"Bahkan beberapa kali juga pernah ketilang. Di Semarang pernah. Di Ngawi juga pernah saat mau menghadiri acara ke Ponorogo. Waktu itu saya nyetirnya melewati marka jalan. Ya Akhirnya ketilang. Artinya meski memiliki pelat cantik tidak serta merta mendapat hak istimewa saat di jalan," ungkapnya.

(dikutip dari, detik-jateng)
Previous article
Next article

Belum ada Komentar

Posting Komentar

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel