Harga Minyak Goreng, Gas hingga Kedelai Mulai Naik Namun Deflasi, Kok Bisa?

Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat terjadi deflasi yang terjadi pada Februari 2022, mencapai 0,02%. Hal ini disampaikan langsung oleh Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Setianto dalam konferensi pers rutin mengenai inflasi.
"Februari jadi perkembangan indeks harga konsumen deflasi 0,02%," kata Setianto.

Angka ini menimbulkan pertanyaan. Pasalnya, fakta yang terjadi harga kebutuhan barang pokok malah meningkat, seperti minyak goreng, gas, daging, dan kedelai yang biasanya memicu inflasi. Lalu, mengapa malah terjadi deflasi bukan inflasi?
Direktur Eksekutif CORE, Mohammad Faisal mengatakan salah satu penyebab deflasi ini bisa terjadi karena adanya pengaruh gelombang 3 varian Covid-19, Omicron.

"Memang ada faktor juga dari lemahnya daya beli akibat masih terbatasnya mobilitas kita kemarin masih merasakan dampak gelombang tiga Omicron jadi akhirnya fungsi daya beli masyarakat masih lemah," kata Faisal saat dihubungi detikcom.

Menurutnya juga deflasi bisa terjadi justru karena harga barang tersebut yang naik sehingga membuat permintaan pembelinya menjadi lemah dan mengakibatkan deflasi bisa terjadi.

Selain itu, Faisal menambahkan, kenaikan harga pada beberapa komoditas itu terjadi pada akhir bulan, yang mana tidak begitu berkontribusi memicu inflasi.

Senada dengan Faisal, Direktur CELIOS (Center of Economic and Law Studies) Bhima Yudhistira mengatakan bahwa deflasi ini bisa terjadi dari pengaruh virus Omicron yang membuat permintaan masyarakat agak lambat.

"Sisi permintaan masyarakat yang masih lambat ya karena efek dari Omicron jadi masih belum bisa memicu permintaan naik yang signifikan seperti sebelum Pandemi," kata Bhima.

Ia juga menilai kenaikan harga banyak terjadi pada akhir bulan Januari, dan akhir bulan Februari. Malah sebaliknya, selain kenaikan harga minyak goreng, dan kedelai, harga beras masih stabil.

"Wajar ya karena gini memang ada kenaikan di minyak goreng di kedelai tapi di Sisi yang lain harga beras stabil dan beras itu penyumbang keranjang inflasi yang cukup besar," imbuhnya. (zlf/zlf)

Dikutip dari detik.com
Previous article
Next article

Belum ada Komentar

Posting Komentar

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel