Minyak Sawit dan Potensi Krisis Pangan Global

    Tandan buah segar kelapa sawit (foto.doc)

Krisis pangan global yang dipicu krisis Ukraina meningkat pada Rabu lalu ketika Indonesia memperketat pembatasan ekspor minyak kelapa sawit, menambah daftar negara-negara produsen utama yang terus bertambah yang berusaha menjaga pasokan makanan penting di dalam pembatasan mereka.

Minyak kelapa sawit adalah minyak nabati yang paling banyak digunakan di dunia dan digunakan dalam pembuatan banyak produk termasuk biskuit, margarin, deterjen, dan cokelat. Harga minyak sawit telah meningkat lebih dari 50% tahun ini.

Menteri Perdagangan Muhammad Lufti mengatakan pembatasan ekspor bertujuan untuk memastikan harga minyak goreng di dalam negeri tetap terjangkau konsumen.

Rusia dan Ukraina juga merupakan pemasok penting minyak nabati serta menyumbang hampir 30% dari ekspor gandum global.

Ukraina mengumumkan pada Rabu bahwa pihaknya telah melarang berbagai ekspor pertanian termasuk jelai, gula dan daging hingga akhir tahun.

Konflik tidak hanya mengganggu pengiriman dari wilayah Laut Hitam tetapi juga membahayakan prospek panen karena harga pupuk melonjak dan pasokan menyusut sebagai tanggapan atas kenaikan tajam dalam biaya gas alam - komponen kunci dalam proses manufaktur untuk banyak produk.

Harga pangan dunia naik ke rekor tertinggi pada Februari untuk mencatat kenaikan tahun-ke-tahun sebesar 20,7%, menurut badan pangan PBB, sementara banyak pasar terus naik bulan ini.

Minyak sawit berjangka Malaysia naik ke level tertinggi sepanjang masa setelah pengumuman Indonesia sementara harga minyak kedelai melonjak ke puncak 14 tahun.

Harga minyak kedelai telah naik hampir 40% tahun ini.

Rusia dan Ukraina adalah produsen utama minyak bunga matahari dan kedua negara tersebut menguasai hampir 80% dari ekspor global, membuat pelanggan seperti India berebut untuk mengamankan pasokan alternatif seperti minyak sawit dan minyak kedelai.

Harga gandum Chicago telah naik sekitar 60% sepanjang tahun ini, mengancam akan menaikkan biaya bahan makanan pokok seperti roti.

Hilangnya dua eksportir utama di Ukraina dan Rusia telah diperparah oleh berita bahwa kondisi tanaman gandum di produsen utama dunia, China, mungkin menjadi "terburuk dalam sejarah" menurut menteri pertanian negara itu.

Kondisi pertumbuhan yang buruk di bagian dataran AS yang terkena dampak kekeringan tampaknya akan semakin memperparah pasokan.

Serbia mengumumkan pada hari Rabu akan melarang ekspor gandum, jagung, tepung dan minyak goreng pada hari Kamis untuk melawan kenaikan harga sementara Hungaria melarang semua ekspor biji-bijian minggu lalu.

Bulgaria juga telah mengumumkan akan meningkatkan cadangan biji-bijian dan mungkin membatasi ekspor sampai melakukan pembelian yang direncanakan.

Pasokan biji-bijian di Rumania, pengekspor utama, juga telah diperketat karena pembeli internasional mencari alternatif untuk pasokan Rusia atau Ukraina meskipun saat ini tidak ada rencana untuk membatasi pengiriman.

Produksi biji-bijian global juga bisa menurun karena produksi pupuk, yang membantu meningkatkan hasil panen, dibatasi menyusul kenaikan harga gas alam.

Yara (YAR.OL), salah satu pembuat pupuk terbesar di dunia, mengatakan pada hari Rabu bahwa pihaknya membatasi produksi amonia dan urea di Italia dan Prancis.

Perusahaan Norwegia itu memperingatkan pekan lalu bahwa konflik itu mengancam pasokan makanan global.

Rusia telah menjadi pemasok utama pupuk tetapi kementerian perdagangan dan industri negara itu pada Jumat merekomendasikan agar produsen menghentikan sementara ekspor. 

(Dikutip dari Kantor Berita Reuters)
Previous article
Next article

Belum ada Komentar

Posting Komentar

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel