Timun Suri dan Kolang Kaling Mulai Banjiri Bandar Lampung

Pedagang buah di Pasar Cimeng, Bandar Lampung, Jannah, saat menawarkan timun suri di kiosnya, Rabu, 30 Maret 2022. Lampost.co/Triyadi Isworo

Bandar Lampung  -- Timun suri dan kolang kaling mulai bermuculan di pasar tradisional Bandar Lampung jelang ramadan. Buah-buahan itu banyak dicari masyarakat untuk sajian minuman yang menyegarkan di bulan puasa.       

Pedagang buah di Pasar Cimeng Bandar Lampung, Jannah, mengatakan sepekan jelang ramadan stok timun suri mulai banyak. Sementara, tahun lalu persediaan itu sangat sedikit. 

"Harga timun suri yang besar Rp 8.000 per buah dan yang kecil Rp 6.000 per buah. Kemungkinan ketika masuk ramadan nanti harganya akan naik," kata Jannah kepada Lampost.co, Rabu, 30 Maret 2022.

Untuk memenuhi permintaan selama ramadan, dia dapat membeli timun suri dari petani hingga 100 buah. Bila masuk bulan ramadan, 100 buah tersebut bisa langsung habis dalam sehari. "Dari tahun ke tahun timun suri dan kolang kaling ramainya ketika ramadan," katanya.

Begitu pula kolang kaling yang ramai permintaan sebagai campuran es sebagai minuman pembuka puasa. Untuk harga kolang kaling saat ini masih normal Rp 12 ribu per kg, sedangkan saat masuk ramadan bisa tembus Rp 15 ribu kg. Hari biasa paling sehari terjual 5 kg, sementara saat ramadan biasanya habis sampai 12 kg.

"Buah-buahan lain yang diburu saat ramadan yakni semangka dan melon untuk minuman atau es. Harga semangka saat ini Rp 8.000 per kg dan melon Rp 10.000 per kg," katanya.

Dikutip dari Lampost.co
Previous article
Next article

Belum ada Komentar

Posting Komentar

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel