Inilah 11 Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Indonesia

11 Gedung Tertinggi di Indonesia/Foto: Dok

Jakarta - Gedung pencakar langit kerap dijadikan sebagai simbol atau ikon suatu wilayah. Sebab gedung-gedung ini seringkali dijadikan sebagai salah satu parameter perkembangan ekonomi di sebuah negara atau wilayah.

Bukan hanya perkembangan ekonomi jangka panjang, gedung-gedung tersebut juga menjadi referensi kemajuan infrastruktur yang dimiliki negara tersebut. Jadi tidak heran bila gedung-gedung ini dijadikan sebagai salah satu ikon terbaik.

Untuk diketahui, dalam beberapa waktu ke belakang pembangunan gedung pencakar langit kerap dilakukan secara masif, khususnya di kota besar.

Lantas, gedung pencakar langit apa saja yang tertinggi di Indonesia saat ini? Berikut daftar 11 gedung tertinggi di Indonesia:

1. Gama Tower (285,5 meter)

Dalam beberapa waktu ke belakang, Gama Tower merupakan gedung tertinggi di Indonesia saat ini dengan ketinggian mencapai 285,5 meter. Total lantai dari bangunan ini berjumlah 64 lantai yang dimanfaatkan sebagai hotel dan perkantoran di wilayah Kuningan, Jakarta Selatan.

2. Treasury Tower (279,5 meter)

Treasury Tower merupakan salah satu gedung tertinggi di Indonesia selanjutnya yang berada di District 8 at SCBD. Gedung ini merupakan rangkaian dari beberapa bagian, yakni dengan empat buah bangunan, yakni tiga gedung perkantoran dan hotel.

3. Wisma 46 (261,9 meter)

Menjulang tinggi 261,9 meter, Wisma 46 memiliki 46 lantai dengan bentuk mengkurva yang telah selesai pada 1996 silam. Meski terbilang berumur, namun gedung pencakar langit tertinggi di Indonesia ini menjadi kantor utama dari Bank BNI dengan nama BNI City Tower.

4. Menara Astra (261,5 meter)

Gedung yang dimiliki oleh PT Astra International ini merupakan salah satu gedung pencakar langit yang terbaru. Bangunan yang baru saja rampung pada 2018 silam ini memiliki ketinggian 261,5 meter pada posisi 156 tertinggi di Asia.

5. Sahid Sudirman Center (258 meter)

Gedung pencakar langit ini pertama kali dirancang pada 2012 dan selesai pada 2015 silam yang berlokasi di Karet, Jakarta Pusat. Dengan tinggi 59 lantai dan tinggi 258 meter, Sahid Sudirman Center sempat menjadi gedung tertinggi di Asia.

6. Hotel Raffles (257 meter)

Hotel Raffles atau yang juga dikenal sebagai Ciputra World Hotel ini berada di segitiga emas Kuningan sebagai bangunan tertinggi di Indonesia. Memiliki tinggi 257 meter dengan 52 lantai tanah dan 3 lantai basement. Hotel ini juga berada di komplek Ciputra World 1 yang berdekatan dengan Lotte Shopping Avenue.

7. Millenium Centennial Center (254 meter)

Bangunan gedung ini merupakan salah satu puncak tertinggi di segitiga emas Jakarta dengan tinggi 254 meter. Adapun, Millenium Centennial Center memiliki 53 lantai atas tanah dengan 6 lantai basement dengan kapasitas 750 kendaraan, sehingga menjadi salah satu bangunan tertinggi di Indonesia.

8. The Pakubuwono Signature (252 meter)

The Pakubuwono Signature merupakan salah satu gedung paling tinggi di Indonesia dengan ketinggian 252 meter dan 50 lantai. Adapun, gedung ini juga menjadi bangunan residensial tertinggi dan salah satu yang termahal di Indonesia.

9. Sinarmas MSIG Tower (245 meter)

Gedung pencakar langit yang juga dikenal sebagai Chase Tower ini merupakan kantor pusat dari Asuransi Sinarmas MSIG. Adapun, bangunan ini sudah berdiri sejak 245 meter yang terdiri dari 48 lantai dan terkoneksi langsung dengan Stasiun MRT Setiabudi.

10. World Capital Tower (244 meter)

Perlu kamu ketahui, World Capital Tower merupakan salah satu bangunan yang sangat menonjol di Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Gedung ini memiliki tinggi 244 meter yang terdiri dari 45 lantai dengan empat zona lift, yakni Low Zone, Mid Low Zone, Mid High Zone dan High Zone.

11. Autograph Tower Thamrin Nine (382,9 meter)

Autograph Tower merupakan rangkaian dari ekstensi Thamrin Nine dengan ketinggian 382,9 meter yang menjadi gedung tertinggi di Indonesia yang terdiri dari dua gedung. Gedung tersebut terdiri dari 95 lantai dan 111 lantai dengan konsep mixed superblock, mulai dari area perkantoran, ritel maupun hotel bintang enam.

Dikutip dari detikfinance
Previous article
Next article

Belum ada Komentar

Posting Komentar

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel