Jalan di IKN Nusantara Canggih, Bisa Langsung Cas Kendaraan Listrik

JAKARTA -- Salah satu infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN) disebut Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur kemungkinan berupa electric charghing lane. Teknologi ini merupakan alat bantu pengecasan baterai kendaraan listrik.

"Kemungkinan jalan-jalan di IKN akan menjadi electric charging lane," ungkap Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga di seminar online, diberitakan Antara, Kamis (8/9).

Electric charging lane adalah infrastruktur jalan yang mampu mengecas baterai kendaraan listrik. Menurut The Ray, salah satu pengembang teknologi ini, electric charging lane memiliki sistem yang menghasilkan ladang elektromagnet, gunanya untuk mentransfer energi ke sistem penerima yang tertanam di kendaraan listrik.

Teknologi ini membuat kendaraan listrik tak perlu berhenti saat pengecasan, kendaraan listrik juga menjadi tak butuh membawa baterai ukuran besar yang membuatnya bisa menjadi lebih terjangkau dan ramah lingkungan.

Danis menjelaskan konsep electric charging lane sudah dilakukan di berbagai negara dan banyak telah melakukan uji coba.

"Karena di sana, di IKN nanti kita berbicara mengenai (kendaraan) bertenaga listrik, tidak lagi kendaraan yang menggunakan bahan bakar fosil," kata Danis.

Presiden Joko Widodo sebelumnya melarang kendaraan berbahan bakar fosil di IKN. Dia menginginkan IKN dibangun memprioritaskan mobilitas warga berjalan kaki, sementara transportasi yang jadi unggulan adalah sepeda dan kendaraan umum ramah lingkungan. (fea/fea)

Dikutip dari CNN Indonesia
Previous article
Next article

Belum ada Komentar

Posting Komentar

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel