Renungan dan Doa Wukuf di Arofah

Wukuf di dalam tenda Arafah - Foto dokumen haji 2023.

Bismillahir rahmaanirrahim...
Alhamdulillahi Rabbil 'aalamin, hamday yuwafii ni'amahu wa yukaafi-u maziidah, yaa Rabbana lakal hamdu kama yambaghii lijalaali wajhika wa'azhimi sulthaanik, Allaahumma shalli alaa sayyidinaa Muhammad wa'alaa aali sayyidinaa Muhammad.

Allahumma Yaa Allah yang Maha Menyaksikan

Kami semua yang ada disini, berharap semoga Engkau terima menjadi hambamu, dengan kasih sayang dan Rahmat-Mu pula kini kami berada ditempat yang penuh berkah ini, Tanah yang sudah lama kami impikan.

Tanah suci yang mulia, di bumi bekas tapak jejak langkah kekasih-Mu Nabi Muhammad SAW. Bekas keringat para Mujahid yang membasahi pasir Jabal Rahmah, tempat Bapak kami Adam dan Hawa di pertemukan oleh-Mu Yaa Allah.

Yaa Allah kami datang kesini dari tempat yang sangat jauh, meninggalkan kampung halaman tempat kami di lahirkan, meninggalkan anak keturunan yang kami cintai dan usaha yang  kami geluti, berkat izin dan Ridho-Mu, kami telah mengarungi angkasa raya, melintas samudera, menapak dan meniti bukit batu dan berpasir.

Yang kami cari Yaa Allah, tiada lain adalah ke Ridhoan-Mu, karena kami sangat mengharapkan hidup ini senantiasa berada dalam keselamatan, kesehatan dan ketenangan, terhindar dari balak bencana atau mara bahaya yang akan menyengsarakan kami di dunia dan di akhirat.

Duhai Allah yang Maha Kaya lagi Bijaksana, Engkaupun Maha Tahu...

Betapa banyaknya orang-orang yang berkemampuan harta dan tenaga, tetapi hatinya belum tergerak untuk memenuhi panggilan-Mu beribadah Haji dan Umroh, karena mereka sayang dengan hartanya dan disibukan dengan kehidupan dunia.

Tidak sedikit pula para ustadz, ustadzah, hafiz, hafizhoh, orang-orang yang pandai dan berilmu, tapi belum memungkinkan beribadah umroh dan haji, karena biayanya yang belum mencukupi atau kesehatannya yang belum mengizinkan.

Tetapi kami Yaa Rabb, saat ini kami telah berlutut di haribaan-Mu, dengan membawa bekas amal yang masih sedikit ini, dengan segala daya dan upaya memberanikan diri untuk memenuhi panghilan-Mu menginjakkan kaki di tempat ini, seraya memelas dan mengharapkan ampunan dan kasih dari-Mu Yaa Allah.

Wahai Allah yang Maha Pemberi Kemuliaan

Engkau menjanjikan bahwa hari ini adalah hari yang penuh kemuliaan.
Engkau menjanjikan di hari ini di ampunkan lumuran dosa-dosa.
Engkau menjanjikan pada hari ini akan di Ijabah semua permintaan dan doa.
Engkau pula yang menjanjikan bahwa pada hari ini kami akan di muliakan di hadapan para Malaikat-Mu.
Sungguh tiada sedikit dosa dan kesalahan kami masih menumpuk yang sulit kami ungkapkan satu-persatu.

Yaa Allah yang Maha Pengampun

Kini kami menengadahkan tangan, menghiba-Mu Yaa Mulikul Mulki.  Sehingga apapun dari kami adalah mahluk ciptaan yang doif. Sekecil apapun amal-amal kami, kami adalah hamba-Mu yang pasrah tersungkur dalam Ridho-Mu.

Kami memohon di hari yang penuh kemuliaan ini, suatu keampunan dari sekian banyak dosa-dosa kami. Ampunilah kami Yaa Allah, Yaa Ghofar
Ampuni Yaa 'Affuwan, ampuni kami Yaa Rahim. 

Keampunan dari dosa dan kesalahan, kiranya engkau berikan pula pada ibu-bapak kami, yang dengan ketegaran tanpa mengenal lelah, mereka berupaya untuk menghidupi kami dengan rizki yang halal, mereka telah memeras keringat dan membanting tulang hanya demi untuk kami anak-anaknya yang terkadang suka menyakiti hati mereka, bahkan kami sering kali membuat hati mereka terluka, walau begitu mereka selalu mendoakan kami anak-anaknya ini agar menjadi orang baik dan lebih baik dari kehidupan mereka.

Sungguh betapa mulia mereka Yaa Allah, sayangilah mereka Yaa Allah, kasihilah mereka Yaa Allah, selamatkan mereka Yaa Allah.

Yaa Allah, sekali lagi kami memohon ampuni Ibu-Bapak kami, yang dengan ketabahannya merelakan waktu istirahat malamnya untuk merawat kami di kala bayi, mengasuh kami ketika masih kecil, mendidik dan mendoakan kami agar menjadi anak yang sholeh dan sholeha, menjadi anak yang berguna di dunia dan akhirat.

Wahai dzat yang Maha Membukakan

Sekarang kami telah mampu berangkat haji, tetapi diantara mereka masih tertinggal di rumah sementara, dulu ketika kami masih kecil, seluruh permintaan kami, mereka penuhi dengan ikhlas, walaupun untuk itu mereka berusaha dengan susah payah, demi membahagiakan kami.

Dari itu Yaa Allah yang Maha Pemberi Keselamatan

Selamatkanlah orang tua kami, lapangkanlah kuburnya bagi yang sudah dalam kuburnya, ringankanlah hisabnya, terimalah segala amal ibadahnya dan amal sholehnya, jadikanlah mereka ahli Surga-Mu.

Perkenankanlah Yaa Rahman doa kami ini, yang darah dagingnya telah melekat pada tubuh kami.
Yaa Salam, selamatkanlah pula suami, istri, anak-anak dan cucu-cucu kami serta seluruh keluarga kami. Jangan engkau biarkan mereka menjadi sumber bencana di muka bumi, jangan biarkan keluarga kami cerai-berai dan jauh dari-Mu. Dan janganlah mereka kau hinakan di dunia dan di akhirat nanti.

Selamatkan pula guru-guru kami, para ulama yang telah mewafatkan hidupnya di jalan-Mu, selanjutnya selamatkan pula orang-orang yang telah membantu dan mendoakan kami selama ini. Selamatkan pula mereka yang pernah menzolimi kami. Jadikanlah kami sebagai hamba-Mu yang pemaaf secara tulus, sebagaimana yang telah di contohkan oleh Rasul-Mu.

Wahai Tuhan yang Maha Agung

Anugerahkanlah kepada kami pasangan hidup dan anak-anak yang menjadi penyejuk pandangan. Jadikanlah kami imam atas orang-orang yang bertaqwa, karuniakan bagi keluarga-keluarga kami, rumah tangga yang sakinah warahmah, saling mencintai dan mengasihi. Jangan biarkan rumah tangga kami menjadi rumah tangga yang jauh dari Rahmat dan Ridho-Mu.

Yaa Allah.... titipkan kepada kami keturunan yang lebih baik dari pada kami di hadapan-Mu, anak yang dapat membahagiakan kami, serta senantiasa mendoakan kami dengan doa yang baik - baik, diantaranya doa yang Engkau ajarkan dalam kitab suci-Mu.

Hindarkan kami dari anak yang mencorengkan aib di wajah kami. Ampuni jika kami selama ini salah dan keliru dalam mendidik anak-anak kami. Dan kami tidak ingin anak cucu kami kelak menghujat kami di Akhirat, dengan menuntut kami dihadapan-Mu. Semga Engkau utuhkan kemuliaan mereka di dunia dan utuhkan pula kemuliaannya di surga. Yaa Allah kabulkanlah permohonan kami, karena Engkau pengegam segala kekuasaan.

Wahai dzat yang  Maha Memiliki Kekuasaan dan Kemuliaan....

Kami sadar Yaa Rahman, nanti kain kafan membungkus tubuh, habislah sudah kesempatan untuk beramal, kening kami tidak bisa lagi bersujud, tubuh kami tidak mampu lagi untuk bertahajud, mata yang terpejam sehingga tidak dapat membaca kitab suci-Mu. Kaki tidak mungkin lagi melangkah ketempat-tempat kebaikan. Tangan tak bisa lagi menolong orang lain, hati dan pikiran hanya diam membisu, semua tidak ada lagi yang dapat kami lakukan.

Karena itu Yaa Allah..... lindungi kami dari perbuatan zolim terhadap siapapun di muka bumi ini, peliharakan mata kami, mata yang selalu menyaksikan dan merasakan keagungan-Mu. Karuniakan kepada kami telinga yang senang mendengar orang-orang memuji-Mu. Indahkan lisan kami dengan selalu basah menyebut nama-Mu. Arahkan pikiran kami, sehingga hati kami di penuhi rasa cinta kasih karena-Mu.

Jangan biarkan kami tersentuh ketakaburan, hasut, dan dengki serta sifat-sifat lain yang tidak Engkau sukai. Karuniakan kepada kami hati yang merasakan indahnya cinta. Cinta kepada - Mu Yaa Allah, kepada Rasul-Mu dan cinta kepada hamba-hamba-Mu yang cinta kepada-Mu.

Yaa Lathif.... Allah yag maha Halus yang maha kuasa membolak-balikan hati manusia, karuniakanlah kepada kami hati yang tidak pernah merasakan kesepian, karena selalu merasakan kehadiran-Mu hati yang tenang, yakin akan pertolongan- Mu, perasaan yang aman karena yakin akan perlindungan-Mu.

Yaa Allah yang Maha Pemberi Kemanfaatan

Berikanlah kesempatan kepada kami untuk berbuat yang terbaik dalam memanfaatkan sisa umur yang masih ada  ini. Berikan kesempatan kepada kami untuk memperbaiki kesalahan yang pernah kami perbuat. Berikanlah kekuatan kepada kami dalam menghadapi godaan - godaan setan terkutuk, dan berikan kesabaran ketika kami menghadapi ujian dalam hidup ini, serta berikan pula kesungguhan agar kami dapat mengendalikan hawa nafsu kami.

Duhai dzat yang Maha Menjadikan....

Jadikanlah umur kami yang tersisa  ini menjadi seindah-indahnya umur, golongkan kami bersama orang-orang yang merasakan indahnya hidup. Dekat dengan-Mu Yaa Allah...
Kemudian akhiri hidup kami dengan Husnul Khotimah, merasa puas dan lega dengn apa yang telah kami miliki serta puas dan lega dengan apa-apa yang telah kami kerjakan.

Wahai Allah yang Maha Mematikan....

Kami sadar.... Bahwa kami tidak selamanya hidup di dunia-Mu ini. Pada saatnya nanti kami akan dimasukkan ke dalam liang kubur dan ditimbun dengan tanah, segala yang kami cintai pergi meninggalkan, segala yang kami miliki kami tinggalkan, dan semuanya hanya menjadi kenangan, menyusul kemudian datangnya malaikat kubur yang akan bertanya tentang apa dan bagaimana diri kami.

Kami mohon kehadirat-Mu, keampunan-Mu sebelum kami mati dan ampunan sesudah mati, jadikanlah hari yang indah disaat akhir hayat  kami, jemputlah kami dengan Malaikut-Mu dengan wajah yang menyejukkan hati kami, sehingga membuat ruh kami berlahan lepas meninggalkan jasad kami dengan ikhlas.

Kemudian takdirkan lidah kami saat menjelang kematian kami sedang ikhlas berzikir dan bertahlil menyebut-Mu, agar perjalanan kami cepat melesat seperti kecepatan cahaya untuk menghampiri keharibaan-Mu, dengan penuh kedamaian dan sarat kebahagiaan.

Wahai yang Maha Bercahaya.....

Jadikanlah diri-diri kami ini seterang cahaya-Mu ketika kami berada di Yaumil Mahsyar. Setegar keyakinan nabi Ibrahim ketika di pengadilan yaumul Mizan. Sekuat tenaga nabi Musa di saat kami meniti siroth-Mu. Sesabar dan seikhlas nabi Ayub ketika hari kiamat tiba. Serta sesantun dan pemaaf junjungan kami nabi Muhammad SAW di dunia dan di akhirat nanti.

Yaa Allah yang Maha menata...

Jangan kami di lalaikan untuk mengingat-Mu, yang kemudian berakibat dosa, kecuali Engkau ampunkan. Tiada sesuatu kesusahan hati kami, kecuali Engkau lapangkan, tiada suatu hajat keperluan, kecuali Engkau penuhi dan kabulkan, tiada suatu kemiskinan dan kesulitan, kecuali Engkau kayakan dan cukupkan segala kebutuhan kami Yaa Allah...

Kamipun tidak lupa memohon, berilah kelapangan bagi saudara-saudara kami yang terhimpit kesusahan, berikan jalan keluar apabila mereka dilanda kesulitan, karuniakan kecukupan terhadap yang berkekurangan, sembuhkan bagi yang sedang sakit-sakitan, yang dililit hutang kiranya segera dibayarkan, rumah tangga yang mudah terjadi pertengkaran berubah dengan kedamaian dan ketenangan.

Wahai Allah yang Maha Mengabulkan....

Terimalah ibadah haji kami menjadi haji yang Mabrur, Sya'i yang diterima, dosa yang diampuni, amal sholeh yang di perhitungkan dan usaha kami yang terus berkembang dan penuh keberkahan.

Jadikan haji kami ini membawa keberkahan bagi keluarga, keturunan dan lingkungan kami. Berikan pula kami kesempatan untuk kembali ber-haji dan umroh ke tanah suci ini bersama keluarga kami, sanak-saudara kami, keturunan kami dan tetangga serta sahabat-sahabat kami Yaa Rahim.

Wujudkan haji kami Mabrur ini sebagai pegangan dalam kami menjalani prilaku hidup sehari-hari. Sepulangnya kami dari ibadah haji ini, Engkau berikan kepada kami kekuatan agar kami istiqomah melaksanakan pesan-pesan dari tanah suci dalam nafas kehidupan kami.

Pertemukanlah kami semua jamaah haji dalam Ridho-Mu, Inayah-Mu, Maghfiroh-Mu, petunjuk-Mu dan pada waktunya nanti dalam janaah-Mu yang penuh kenyamanan, ketenangan, ketentraman dan kebahagiaan.

Datangkanlah kepada kami Rizki yang halal apabila rizki itu masih jauh, tolong Engkau dekatkan, apabila masih terbenam di perut bumi, mohon Engkau keluarkan. Apabila kotor/haram, maka sucikan dan bersihkanlah. Jika ia sedikit maka banyakan dalam keberkahan, demikian juga apabila dia masih jauh nun di atas sana, mohon Engkau turunkan agar kami dapat menggapai untuk mendapatkannya.

Yaa Hafiz yang Maha Menjaga...

Berikanlah keselamatan kepada kami dalam perjalanan sampai kembali ke kampung halaman. Sehatkan dan panjangkanlah umur kami dalam taat beribadah kepada-Mu.

Allahummaj'alhu Hajjan mabruran wa sa'yanmasykuuran wa zanban maghfuran wa'amalan salihan maqbulan wa tijaratan lan tabuur, yaa alima maa fis-suduur, Akhrijni yaa Allah mina zulumaati ilan nur.

Rabbana Aatinaa Fiddun yaa Hasanah, Wafil Akhirati Hasanah, Waqina Adzabannar...
Allahumaghfir lana dzunubana Wa Kaffir 'anna Sayyi aatina Wa Tawaffanaa Ma'al Abraar, yaa Aziizu yaa Ghaffaru yaa Rabbal 'Aalamin.
Subhaana Rabbika Rabbil Izzati 'Ammaa Yashifuun, Wa Salaamun'alal Mursaliin, Wal Hamdu lillahi Rabbil'Aalamin.


Previous article
Next article

Belum ada Komentar

Posting Komentar

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel