Daftar Nomor Urut Pasangan Capres Pilpres dari 2004 hingga 2024

Ilustrasi, Nomor urut capres cawapres pada Pilpres 2024 diundi di KPU.

JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) menerapkan prosedur pengundian nomor urut para pasangan capres-cawapres jelang gelaran kampanye Pemilu Presiden (Pilpres) dimulai.

Penerapan undian nomor urut Capres-Cawapres dimulai ketika Pilpres digelar secara langsung di Indonesia pada 2004 lalu.

Aturan soal pengundian nomor urut para capres ini telah diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum khususnya Pasal 235 ayat (2) yang berbunyi:

"Penetapan nomor urut Pasangan Calon sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan secara undi dalam sidang pleno KPU terbuka dan dihadiri oleh seluruh Pasangan Calon, 1 (satu) hari setelah penetapan dan pengumuman sebagaimana dimaksud pada ayat (1)."

Pada Pilpres 2024, KPU telah menetapkan tiga pasangan capres dan cawapres peserta Pilpres 2024. Mereka adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

KPU telah menggelar penetapan nomor urut ketiga paslon tersebut dengan mekanisme pengundian di kantor KPU RI pada Selasa (14/11) malam sekitar pukul 18.30 WIB.

Bila ditilik ke belakang, terdapat dua kali kandidat kandidat capres-capres yang mendapatkan nomor urut 2 memenangkan Pilpres.

Pada Pilpres 2009 lalu, pasangan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)-Boediono mendapatkan nomor urut 2. Mereka berhasil memenangkan Pilpres satu putaran melawan dua pasang rivalnya yakni, Megawati Soekarnoputri-Prabowo Subianto yang mendapat nomor urut 1 dan Jusuf Kalla-Wiranto dengan nomor urut 3.

Beranjak pada Pilpres 2014, pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla mendapatkan nomor urut 2. Pasangan ini berhasil mengalahkan rivalnya Prabowo Subianto-Hatta Rajasa yang mendapatkan nomor urut 1.

Namun tak melulu pasangan capres-cawapres dengan nomor urut 2 memenangkan Pilpres.

Jika ditarik lebih jauh lagi di Pilpres 2004, pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla dengan nomor urut 4 berhasil menang Pilpres dan mengalahkan empat paslon lainnya.

Rival SBY-JK kala itu di antaranya Wiranto-Salahuddin Wahid mendapatkan nomor urut 1, Megawati Soekarnoputri-Hasyim Muzadi dengan nomor urut 2, Amien Rais-Siswono Yudo Husodo memiliki nomor urut 3 serta Hamzah Haz-Agum Gumelar dengan nomor urut 5. SBY-JK dan Megawati-Hasyim saat itu mampu melaju ke putaran kedua. Namun akhirnya pertandingan dimenangkan oleh SBY-JK.

Pada Pilpres 2019 lalu, Jokowi yang maju lagi di Pilpres menggandeng Ma'ruf Amin sebagai cawapres mendapatkan nomor urut 01. Pasangan ini berhasil keluar sebagai pemenang Pilpres mengalahkan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dengan nomor urut 02

Saat itu Jokowi-Ma'ruf Amin menang dengan perolehan suara 55,50 persen. Sementara Prabowo-Sandiaga mendapat suara 44,50 persen.

Berikut daftar lengkap nomor urut capres - cawapres sejak 2004 ;

Pilpres 2004

  • Wiranto-Salahuddin Wahid: nomor urut 1
  • Megawati Soekarnoputri-Hasyim Muzadi: nomor urut 2
  • Amien Rais-Siswono Yudo Husodo: nomor urut 3
  • Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla: nomor urut 4 (Menang)
  • Hamzah Haz-Agum Gumelar: nomor urut 5

Pilpres 2009

  • Megawati Soekarnoputri-Prabowo Subianto: Nomor urut 1
  • Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono: nomor urut 2 (Menang)
  • Jusuf Kalla-Wiranto: nomor urut 3

Pilpres 2014

  • Prabowo Subianto-Hatta Rajasa: nomor urut 1
  • Joko Widodo-Jusuf Kalla: nomor urut 2 (menang)

Pilpres 2019

  • Joko Widodo-Ma'ruf Amin: nomor urut 01 (menang)
  • Prabowo Subianto-Sandiaga Uno: nomor urut 02 
PIlpres 2024

• Anis Baswedan - Muhaimin Iskandar : nomor urut 1
• Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka : nomor urut 2
• Ganjar Pranowo - Mahfud MD : nomor urut 3

Diolah dari berbagai sumber
Previous article
Next article

Belum ada Komentar

Posting Komentar

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel