Muktamar Pertama Abad Kedua NU : Seksi Dokumentasi Pelaporan Besar Tanggungjawabnya

Mimpin rapat Panitia Daerah Muktamar NU ke 34 Seksi Dokumentasi dan Pelaporan (21/11/21)

Muktamar NU ke 34 sudah ditetapkan di gelar di Provinsi Lampung Desember tahu 2021 nanti, Panitia Nasional, Daerah bahkan panitia lokal sudah dibentuk untuk menyambut peserta Muktamirin.

Dari sekian seksi dalam kepanitiaan Muktamar NU ada satu seksi panitia yang sangat tidak kalah pentingnya dengan seksi-seksi yang lain, yaitu Seksi Dokumentasi dan Pelaporan. Kenapa dikatakan begitu? Karena seksi ini memiliki tanggung jawab besar terhadap seluruh aktifittas jalannya Muktamar, terutama proses dari awal mulai Pembukaan, proses sidang-sidang hingga penutupan harus terdokumentasi dengan baik.


Bahkan tidak hanya yang ada di dalam forum Muktamar, bahkan apa yang terjadi diluar forum Muktamar yang ada kaitannya dengan kegiatan penunjang Muktamar sekalipun diusahakan bisa terdokumentasikan.

Peserta rapat panitia daerah Seksi Dokumentasi dan Pelaporan


Yang menjadi sepirit panitia daerah seksi Dokumentasi dan Pelaporan adalah, Muktamar 34 merupakan Muktamar terakhir abad pertama NU dan Muktamar pertama abad ke dua NU, sehingga sejarah NU kedepan menjadi tolak ukur dari kesuksesan pendokumentasian yang dilaksanakan oleh panitia seksi ini.


Oleh karena itu, dalam rapat kali ini disepakati membagi tugas anggota panitia menjadi beberapa bidang dan penempatan lokasi tugas selama berlangsungnya Muktamar. Diantaranya, tugas pendokumentasian yang harus dilakukan ada 4, yaitu, pertama pengumpulan naskah, kedua rekaman suara, ketiga poto kegiatan dan ke empat audio visual atau video.

Peserta rapat panitia daerah


Selanjutnya membagi tugas pada 6 komisi, antara lain; komisi program kerja, komisi organisasi, komisi rekomendasi dan ada 3 komisi pada bahsul masail, semua itu harus ada yang mendokumentasikan dalam 4 hal tersebut diatas. Diluar yang pokok utama masih ada kegiatan penunjang Muktamar akan dilakukan pendokumentasian sehinga dapat tercatat dalam sejarah pada kelak dikemudian hari nanti.


Dan seksi Dokumentasi Pelaporan ada tim khusus editing video dan foto serta penulis naskah, sehingga setiap selesai sidang komisi dan peristiwa penting selama Muktamar siap dilaporkan apabila diminta oleh pimpinan untuk kepentingan publikasi. Sudah barang tentu hasil akhirnya untuk dilaporkan ke PBNU kepengurusan hasil Muktamar 34 untuk dijadikan buku pedoman hasil Muktamar 34. (MCN) 

Previous article
Next article

Belum ada Komentar

Posting Komentar

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel