Fakultas Adab UIN Raden Intan, Gelar Bincang Tentang Sejarah Transmigrasi


Sejarah Transmigrasi Di Indonesia:  Kesatuan Dalam Keragaman, bersama Prodi Sejarah Peradaban Islam Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung, bekerjasama dengan Museum Nasional Ketransmigrasian Lampung dan Unila. 

Transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu wilayah yang padat penduduknya ke area wilayah pulau lain yang penduduknya masih sedikit atau belum ada penduduknya sama sekali. 
Transmigrasi di Indonesia biasanya diatur dan didanai oleh pemerintah kepada warga yang umumnya golongan menengah ke bawah. Sesampainya di tempat transmigrasi para transmigran akan diberikan sebidang tanah, rumah sederhana dan perangkat lain untuk penunjang hidup di lokasi tempat tinggal yang baru.
Tujuan program ini adalah untuk mengurangi kemiskinan dan kepadatan penduduk di pulau Jawa, memberikan kesempatan bagi orang yang mau bekerja, dan memenuhi kebutuhan tenaga kerja untuk mengolah sumber daya di pulau-pulau lain seperti Papua, Kalimantan, Sumatra, dan Sulawesi.
 
Mengingat Pentingnya upaya melawan lupa akan adanya peristiwa tersebut maka Prodi SPI akan mengadakan WEBINAR NASIONAL Kesatuan Dalam Keberagaman : Sejarah Transmigrasi Di Indonesia, TAHUN 2022, sebagai Program Kerjasama antara Prodi SPI Fakultas Adab UIN Raden Intan Lampung, Universitas Lampung dan Museum Nasional Ketransmigrasian Lampung,dengan pembicara:

Opening Speach: Prof. H. Wan Jamaluddin,.M.Ag.,Ph.D (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Raden Intan Lampung).   
Adapun para Narasumber adalah : 
1. Aan Budianto, S.Pd., MA (UIN Raden Intan Lampung), “Transmigrasi dan Keindonesiaan: Sejarah Orang Bali di Lampung” 
2. Hana Kurniati S.E (Museum Nasional Ketransmigrasian), “Merawat Masa Lalu untuk Masa Depan Bangsa”
3. Dr. Purwanto Putra, M.Hum (Universitas Lampung), “Propaganda Kolonisasi dan Kebijakan Informasi Transmigrasi: Dari Masa Pemerintahan Kolonial Belanda Hingga Pemerintahan Orde Baru”.  
4. Adi Arwan Alimin (Penulis buku Kampung Jawa di Tanah Mandar), “Apa yang Masih Teringat: Kampung Jawa di Tanah Mandar”. 
 
Bertindak sebagai Moderator: Ni Putu Galih Pratiwi S.Hum. Dan sebagai Host/MC: Nabillah, M.Pd., akan diselenggarakan pada :
Hari / tanggal: Rabu, 19 Januari 2022 
Pukul : 09.00 s.d selesai 
Tempat : Zoom Meeting 

Mengingat pentingnya acara tersebut,  peserta bisa mendaftar melalui Link (https://bit.ly/sem-transmigrasi)
Previous article
Next article

4 Komentar

  1. Selamat dan sukses. Dari organisasi anak Transmigran kok tidak ada?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah.... itu dia, yang kita tidak tahu, hanya dapat undangan via grup saja pak Ketum

      Hapus
    2. Mohon Maaf Pak, bisa minta Contact Person. Seminar ke transmigrasian ini masih berseri. Next time akan melibatkan lebih banyak pihak lagi. Terimakasih sebelumnya 🙏

      Hapus
    3. Maaf blm bs memberikan no kontak disini, tks

      Hapus

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel