Meriahkan Hari Santri, LPBI PBNU Tanam 12 Ribu Mangrove dan Bersihkan Pantai 80 Km

JAKARTA - LPBI PBNU mengeluarkan surat himbauan nomor : 72/B.1/LPBINU/X/2023 ditujukan kepada seluruh pengurus LPBI dari tingkat PWNU hingga PCNU di seluruh Indonesia, dalam rangka peringatan hari santri 2023, untuk melaksanakan bersih-bersih pantai dan penanaman Mangrove serentak di tempat masing-masing.

Surat himbauan tersebut di tanda tangani Ketua LPBI PBNU Dr Tb H. Ace Hasan Syadzily dan Sekretaris H. Halik Rumkel, tanggal 10 Oktober 2023.

Ada 2 Provinsi yang telah melaksanakan himbauan LPBI PBNU yakni Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Di Jawa Timur meliputi kabupaten Pasuruan di pantai pesisir utara kecamatan Lekok, pembersihan pantai sepanjang 10 km dan menanam bibit mangrove, kabupaten Bangil di pesisir pantai utara, kabupaten Sumenep di pantai matahari desa Lobuk menanam bibit mangrove.

Berikutnya di kabupaten Banyuwangi di kecamatan Babat, kecamatan Blimbingsari, kecamatan Muncar dan pantai Muncar menanam bibit mangrove dan membersihkan pantai. Kabupaten Jombang di Jombang, melakukan jihad air bersih, membersihkan sungai, tebar bibit ikan gurame. Kabupaten Tulungagung di pantai Sine Tulungagung penanaman bibit bakau, membersihkan pantai  sepanjang 2 km .

Kemudian di kabupaten Probolinggo di pantai Permata penanaman bibit mangrove dan membersihkan pantai. Kota Surabaya di pantai Romokalisari penanaman bibit mangrove dan membersihkan pantai sepanjang 1 km.

Selanjutnya di Jawa Tengah kegiatannya berada di kabupaten Demak di desa Morodemak penanaman bibit mangrove tanggal 16 oktober 2023. Kabupaten Kebumen di pantai Selatan membersihkan pantai sepanjang 57 km di Jawa Tengah bagian selatan tanggal 20 Oktober 2023. Dan Kota Tegal di sungai penanaman bibit mangrove akan dilaksanakan tanggal 29 Oktober 2023.

Total semua yang ditanam pada kegiatan ini adalah 12.923 batang, terdiri dari bibit bakau ada 3.200 batang dan bibit mangrove sebanyak 9.723 batang. Adapun panjang pantai yang berhasil di bersihkan oleh LPBINU 80 km. (MCN)
Previous article
Next article

Belum ada Komentar

Posting Komentar

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel