Orang Bijak Akan Menghidari Hal Negtif

Ada seekor gajah yang sedang mandi di sungai, setelah mandi dia lalu berjalan pulang. Ketika gajah melewati jembatan, dia melihat seekor babi yang berlumuran lumpur datang dari arah yang berlawanan.

Gajah itu lalu dengan tenang menepi dan membiarkan babi yang berlumuran kotoran itu lewat dan gajahpun melanjutkan perjalanannya.

Si babi yang kotor ini lalu dengan sombongnya berseru ke teman-temanya "aku ini hebat sekali, kalian lihat kan, bahkan si gajah saja takut dengan aku, dia langsung minggir dan mempersilahkan aku untuk jalan".

Mendengar hal ini beberapa gajah yang ada di sekitar itu mempertanyakan sikap temannya, "eh...?! Emangnya kenapa sih kamu kok sampai ngasih jalan ke si babi itu? Emangnya kamu beneran takut ya sama babi?

Gajah itu pun tersenyum dan dia berkata; "sebenarnya sih kalau aku mau, dengan gampangnya aku bisa menginjak babi itu dengan kakiku yang besar, tapi pada saat itu aku dalam keadaan bersih. Sedangkan si babi itu kotor sekali".

Kalau aku menginjak babi itu berarti nanti kaki aku juga yang akan kotor, makanya begitu aku lihat babi, lebih baik aku langsung minggir saja.  

Yah begitu juga dengan hidup, orang yang bijak akan menghindar dari hal-hal yang negatif, bukan berarti karena dia lemah atau takut, tapi karena dia enggak ingin hal negatif itu menempel di dirinya.

Jangan mudah untuk bereaksi, tidak semua opini, komentar atau situasi harus ditanggapi. Disituasi tertentu kadang menghindari lebih baik dari pada memerangi. (MCN)
Previous article
Next article

Belum ada Komentar

Posting Komentar

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel