Putra Terbaik Pringsewu Raih Gelar Doktor Sains Matematika dari Unila

    Agus Irawan, berhasil raih gelar Doktor Unila (dok.Tribun-lampung)

Lahir di Pekon Blitarejo Kecamatan Gadingrejo kabupaten Pringsewu dari keluarga sederhana anak dari seorang petani, bukan halangan bagi Agus Irawan untuk terus belajar meraih cita-cita setinggi mungkin.

Berbekal semangat, ketekunan dan doa, putra pasangan Suroyo dan Muntinah berhasil menyelesaikan pendidikan hingga jenjang Strata 3.

Berkat ketekunannya belajar dan dorongan serta Do’a dari kedua orang tuanya sabtu 19 Maret 2021 dalam wisuda ke IV Program Doktor, Magister, Profesi, Sarjana dan Diploma, Agus berhasil meraih gelar Doktor dengan IPK 3,98 pada Program Studi doktor MIPA dengan bidang Ilmu Matematika di Universitas Lampung.

Disertasinya yang berjudul “The Locating-Chromatic Number of Generalized Petersen Graphs and Origami Graphs” telah menghasilkan 7 publikasi pada Jurnal internasional bereputasi terindex Scopus dan Web of Science (Thomson Reuters). Selain itu selama menjadi mahasiswa Doktor, Agus telah mengikuti 2 kali seminar Nasional sebagai pemakalah dan 4 kali seminar internasional sebagai pemakalah, serta mendapat beberapa hibah penelitian dari Kemendikbud dan Ristekdikti.

Disertasinya dibimbing oleh Promotor yaitu Assoc. Prof. Dr. Asmiati, S.Si.,M.Si., Co Promotor 1 Prof. Dr. La Zakaria, S.Si.,M.Sc dan Co Promotor 2 Assoc. Prof. Dr. Kurnia Muludi, M.S.Sc.


Gelar doktor itu diraih Agus Irawan setelah mempertahankan Disertasinya di hadapan sembilan penguji pada sidang terbuka promosi doktor tanggal 30 Desember 2021 di Ruang Sidang Lantai 3, FMIPA Universitas Lampung yang dipimpin oleh Wakil rektor IV Universitas Lampung Prof. Suharso, Ph.D.

Gelar doktor yang diraih Agus Irawan itu tercatat sebagai lulusan ke-3 pada program studi Doktor MIPA dan merupakan Doktor Matematika pertama dari FMIPA Universitas Lampung.

Dalam kesempatan itu, tamu kehormatan yang hadir adalah Wakil Bupati Pringsewu Dr. H. Fauzi, S.E.,M.Kom.,M.E.,Akt.,C.A besertas Ibu Wakil Bupati, Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Pringsewu Dr. Triyuni Hendrowati, M.Pd, Ketua STMIK Pringsewu dan Pimbinan Ponpes Nurul Huda Pringsewu Drs. KH. Ghufron AS beserta Ibu dan Keluarga Besar Agus Irawan.

Dekan FMIPA UNILA Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, M.T menyampaikan, beliau merupakan putera kelahiran Pringsewu.

“Dr. Agus mudah-mudahan ke depan akan lebih mengembangkan penelitian lagi. Dari pendidikan yang pernah anda lalui, bahwasanya motivasi untuk belajar tidak harus kita kalah dengan orang kota. Sebagai kota Pendidikan, Pringsewu harus banyak melahirkan doktor – doktor baru. Anda adalah alumni FMIPA dari S2 maupun S3, jaga nama baik almamater dimanapun anda bekerja, semoga kedepan tetap ada sinergi dengan kami dalam mengembangkan penelitian” ujarnya.

Agus yang merupakan Dosen di salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Kabupaten Pringsewu dan sekaligus saat ini menjabat sebagai Kepala Sekolah di salah satu SMK Swasta di Kabupaten Pringsewu berharap keberhasilannya meraih gelar Doktor itu menjadi motivasi bagi generasi muda Pringsewu untuk terus giat belajar. Tidak putus asa hanya karena keterbatasan ekonomi.

“Untuk memperoleh gelar Doktor butuh tekat yang kuat serta keselarasan antara Intelligent Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), dan Spiritual Quotient (SQ), tetapi ada hal yang jauh lebih penting yaitu ridho dari kedua orang tua” ujar Agus.

Mudah-mudahan ini menjadi motivasi bagi generasi muda Pringsewu dan semoga ilmu yang didapat Dr.Si. Agus Irawan, S.Pd.,M.Si. dapat disumbangkan untuk kemajuan bangsa dan negara, khususnya Provinsi Lampung.(*)

Dikutip dari Tribun Lampung

Previous article
Next article

Belum ada Komentar

Posting Komentar

Ads Atas Artikel

Ads Tengah Artikel 1

Ads Tengah Artikel 2

Ads Bawah Artikel